Ayo Hemat Kertas.

Your comment You are on Go Green, Kertas Edit posts?


Tahukah Anda, untuk menghasilkan 15 rim kertas A4 dibutuhkan satu pohon yang berusia 10 tahun? Dan untuk penebangan satu pohon berarti menghilangkan sumber oksigen untuk dua orang. Bayangkan berapa pohon yang harus ditebang untuk memenuhi kebutuhan kertas di kantor dalam sehari. Mulailah menghemat kertas dari sekarang! Ini bisa dilakukan dengan beberapa cara:

Mengecek dokumen sebelum dicetak untuk menghindari kertas yang terbuang akibat kesalahan, misalnya salah ketik atau salah penomoran halaman.

Memanfaatkan kertas bekas yang bagian belakangnya belum terpakai. Kertas bekas yang tidak lecek dan hanya berisi teks masih bisa diproses dengan baik oleh printer. Sebaliknya, kertas lecek dan penuh gambar bisa membuat proses pencetakan di dalam printer menjadi macet.

Cetak dalam satu lembar, bisa dengan cara mencetak bolak-balik atau mencetak dua halaman atau lebih dalam satu lembar. Tip ini juga bisa menghemat staple dalam satu tahun. Menurut Friends of The Earth, jika setiap orang hanya menggunakan satu staple saja setiap hari, maka langkah ini dapat mengurangi penggunaan 120 ton baja dalam setahun.

Usulkan penggunaan kertas daur ulang. Produksi kertas daur ulang mampu menghemat 70% energi daripada kertas biasa. Sebab dari setiap ton kertas yang didaur ulang, kita bisa menghemat 7000 galon air, 380 galon minyak dan sejumlah listrik yang cukup untuk digunakan di rumah rata-rata untuk enam bulan.

Kurangi pekerjaan dengan menggunakan mesin fax. Ganti pengiriman surat melalui e-mail dan ganti fungsi fotokopi dokumen dengan scan.

Hemat penggunaan tisu, saat selesai makan atau saat ke toilet.

Jangan menyediakan gelas kertas untuk minum, hendaknya karyawan menyediakan gelasnya masing-masing.
« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Ayo Hemat Kertas.