Ayo Menanam 1 Milyar Pohon…!

Your comment You are on Go Green, Pohon Edit posts?




Pemerintah Indonesia sudah mencanangkan penanaman 1 milyar pohon pada tahun 2010 ini.  Tentunya, membutuhkan partisipasi seluruh komponen masyarakat, termasuk Anda, untuk mensuksekan program yang memiliki motto ““Satu Miliar Pohon Indonesia untuk Dunia” atau “One Billion Indonesian Trees for the World”.


Program ini, tidak mengada-ada atau hanya ingin mencari sensasi.  Program penanaman 1 milyar pohon untuk dunia ini, dilandasi oleh keberhasilan pemerintah pada tahun-tahun sebelumnya.  Diantara program penanaman tersebut adalah:
1.  Aksi Penanaman Serentak Indonesia pada tahun 2007
2.  Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon pada tahun 2007
3.  Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional pada tahun 2008
4.  Satu Orang Satu Pohon (One Man One Tree)  pada tahun 2009.
Dari satu tahun ke periode tahun berikutnya, selalu ada peningkatan target untuk penanaman pohon.  Pada tahun 2007, melalui Aksi Penanaman Serentak Indonesia ditargetkan 79 juta pohon, sedangkan melalui Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon sebanyak 10 juta pohon.  Pada tahun 2008, melalui program Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional, ditargetkan 100 juta pohon.  Pada tahun 2009, melalui program Satu Orang Satu Pohon (One Man One Tree), ditargetkan 230 juta pohon.  Untuk tahun 2010 ini, targetnya adalah 1 milyar pohon.
Menurut pemerintah, semua target yang ditetapkan sejak tahun 2007 sampai dengan tahun 2009, semuanya berhasil tercapai.  Bahkan, hampir setiap tahun pohon yang ditanam selalu lebih banyak dari target yang ditetapkan. Oleh karena itu, tahun 2010 ini juga, target penanaman 1 milyar pohon diharapkan terlampaui.
Logikanya sederhana.  Penduduk Indonesia pada tahun 2010 ini, diperkirakan 231 juta orang, dari balita sampai kakek-kakek.  Jika satu orang menanam 1 batang pohon saja pada setiap bulan, berarti ada 231 juta x 12 bulan = 2.772.000.000 (baca aja 2,7 milyar).  Banyak sekali bukan?
Keberhasilan program penanaman pohon, menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia masih gemar menanam, termasuk Anda, benar gak?
Anda bisa menanam pohon apa saja, disesuaikan dengan kemampuan Anda.  Tapi perlu diingat, yang dimaksud pada program ini yang ditanam adalah pohon, bukan yang lainnya.  Maksudnya, pohon itu berarti tanaman keras yang memiliki batang.  Anda bisa menanam pohon Sengon, Jati, Jati Putih, Akasia, Suren, Jabon atau yang lainnya.  Bisa juga Anda menanam buah-buahan, seperti Mangga, Durian, Alpokat, dan lain-lain.
Selamat menanam pohon ya, hati-hati menanamnya agar tumbuh besar dan bisa dipetik hasilnya.  Jangan lupa dipelihara dengan baik.  Jika sudah panen, bagi-bagi hasilnya ya.
Ayo menanam…! Anda mau…?
« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Ayo Menanam 1 Milyar Pohon…!