Menghindari Penipuan Lewat Internet

Your comment You are on Catatan Kecil, Internet, My Books, Wawasan Luas Edit posts?
Singkat saja postingan saya saat ini, yaitu tentang "Menghindari Penipuan Lewat internet" yang saya dapat di buku. Oke Langsung Saja.

Facebook (FB) Merupakan salah satu fasilitas internet yang digemari saat ini. Dengan FB, Kita bisa menjalin pertemanan dengan banyak orang sekaligus membina hubungan tersebut dengan baik. Namun, ternyata FB jugaa dapat disalahgunakan orang, yakni mereka para pembajak akun FB dan menggunakannya untuk kegiatan penipuan.

     Untuk menghindari pembajakan akun FB sehingga informasinya bisa disalahgunakan orang, maka berikut sedikit tip yang bisa digunakan.

  • Jangan Pernah memaparkan data pribadi terlalu detail di internet, misalnya nama orangtua, anak,pasangan (suami/istri/pacar), tanggal lahir, pekerjaan, atau nomor telepon.
  • Ubah password secara berkala, jangan gunakan password yang sama untuk semua akun.
  • Jika mengakses internet di tempat umum Seperti warnet, selalu lakukan restart atau reset setelah logout. Logout hanya akan memutuskan dari koneksi internet untuk mencetak billing, tapi tidak membersihkan cache dan temporaty file yang tersimpan di sistem operasi.
  • jangan pernah mengklik link yang tertera pada FB atau e-mail, karena dari sinilah hacker akan bisa membaca password dengan cara mengarahkan ke situs miliknya yang berisi password tracker. Bila merasa link itu penting, catat alamatnya, logout dari akun jejaring sosial atau e-mail, baru ketik atau copy-paste ke browser untuk membukanya.
  • Jangan pernah panik atau merasa terdesak oleh waktu. Penipu selalu memanfaaykan modus ini agar kita buru-buru mentransfer uang kepadanya. Moduus yang sering muncul misalnya ada teman atau saudara yang masuk rumah sakit, kecelakaan, ditangkap polisi, ATM hilang, atau semacamnya hingga perlu uang segera
  • Cek kepada yang bersangkutaan atau orang lain yang mungkin tahu fakta sebenarnya. Bisa lewat internet juga atau lebih cepat via telepon


« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Menghindari Penipuan Lewat Internet